Header Ads

Kiat Sukses Memulai Bisnis Online dengan Affiliate Marketing

Tentu kita mengenal bisnis online. Ya, kata ‘bisnis online’ sendiri adalah istilah umum yang di dalamnya terdapat bauran yang erat kaitannya dengan aktivitas-aktivitas dan strategi untuk menjalankan bisnis ini. Banyak orang ingin memulai bisnis ini, namun kendala terbesar mereka adalah modal untuk mengawalinya. Tapi Anda tak perlu cemas. Jika Anda benar-benar ingin memulainya, terdapat kiat sukses dalam membangun bisnis online. Salah satunya yakni dengan Affiliate Marketing.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Menurut apa yang dikatakan oleh Wikipedia, affiliate marketing adalah jenis pemasaran di mana komisi bisnis affiliasi didapatkan jika terdapat pengunjung ataucustomer melakukan konversi melalui upaya pemasaran affiliate. Dengan demikian, affiliate sendiri diartikan sebagai cara perusahaan (advertiser) untuk menjual produknya dengan mendaftarkan individu atau perusahaan affiliasinnya dan selanjutnya (affiliate) memasarkan produk-produk tersebut untuk mendapatkan sebuah komisi.
Affiliate
Sederhana bukan? Ketika Anda menjadi member affiliasi sebuah bisnis, maka Anda akan mendapatkan link affiliasi (link referral). Selanjutnya, Anda hanya melakukan upaya untuk menyebarluaskan link tersebut di berbagai media sosial untuk mendapatkan konversi.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Terdapat dua cara dalam menjalankan program marketing ini. Pertama, Anda dapat menawarkan program affiliate sebagai advertiser. Kedua, Anda dapat mendaftar untuk mengikuti program affiliate dari bisnis orang lain. Tentu jika Anda perusahaan atau mempunyai bisnis yang cukup besar, dengan menawarkan program affiliate adalah salah satu kiat sukses bisnis online yang mampu membuat Anda meraup untung banyak.
Namun, sebelumnya Anda harus benar-benar menetapkan aturan tentang program affiliate Anda. Banyak aturan yang berbeda-beda dari setiap perusahaan yang menawarkan program affiliate. Misalnya, sebagian perusahaan affiliate membolehkan share link di media sosial. Namun, beberapa di antaranya juga ada yang hanya membolehkan melalui website dengan berbagai syarat, seperti niche, banyaknya traffic, originalitas konten, dan hal-hal lainnya.
Banyak orang mengatakan bahwa menjalankan program affiliate marketing itu mudah! Ya, itu hanya katanya. Namun kenyataannya tak sesederhana itu. Menjalankan affiliate marketing membutuhkan strategi dan tidak semua penyedia program ini memudahkan affiliate marketer menjadi membernya. Jika Anda benar-benar ingin menjalankan program ini sebagai kiat sukses untuk berbisnis online, maka salah satu yang menyediakan program affiliate marketing adalahwww.Suplier.id. Dalam Suplier.id, Anda tak perlu khawatir untuk memahami bagaimana cara bergabung dan menjalankan program ini. Berikut adalah gambaran dan tahapan untuk bergabung dalam program affiliate marketing dalam Suplier.id.
Skema Suplier
Kebanyakan, alur untuk melakukan program affiliate marketing dengan menggunakan link referral hampir sama dengan kebanyakan advertiser yang menyediakan program affiliate marketing. Hanya saja, komisi untuk setiap advertiser berbeda-beda tergantung dari perusahaan masing-masing. Jika Anda tertarik untuk menjalankan program affiliate marketing di Suplier.id, klik di siniuntuk daftar.

Mitos Tentang Affiliate Marketing

Banyak mitos di luar sana terkait dengan affiliate marketing. Inil;ah sebabnya, banyak orang yang masih bingung dan ragu untuk menjalankan program bisnis ini. Untuk itu, Anda dapat membuat keputusan yang benar agar bisnis online Anda bisa tumbuh dengan pesat. Berikut adalah mitos-mitos terkait dengan affiliate marketing:
1.) Affiliate Marketing Dapat Dijalankan dengan Cepat dan Mudah
Kenyataannya, program affiliate marketing sangat disibukkan dengan banyak pekerjaan. Kebanyakan, program ini banyak dilirik, sehingga akan banyak kompetitor dan komisi akan lebih sulit didapatkan. Yang Anda tahu, menjalankan program affiliate marketing hanya soal menyebarluaskan link referral saja. Namun lebih dari itu, berdasarkan Threeladdersmarketing.com, hanya sekitar 0,6 % affiliate marketer yang sukses dalam menjalankan program tersebut dari tahun 2013 hingga 2014. Hal ini dilihat berdasarkan dari preferensi, strategi, taktik, perusahaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari hasil tersebut, telah membuktikan bahwa affiliate marketing membutuhkan waktu dan usaha untuk menjalankannya.
Sejatinya, bisnis pemasaran affiliasi bergantung pada hubungan baik antara affiliate marketer dan partner yang menjalankan program ini. Untuk itu, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:
  • Membawa partner yang tepat untuk menjalankan program affiliate marketing Anda.
  • Memperbaharui konten secara teratur untuk membuat hal-hal yang baru dan inovatif. Hal ini untuk membantu menambah traffic ke website bisnis Anda. Harapannya, untuk mengubah dari traffic menjadi konversi.
2.) Agar Affiliate Sukses, Anda Perlu Memilih Niche yang Sangat Populer
Kenyataannya, banyak perusahaan yang tidak mencoba membuka program ini. Karena, mereka pikir pasar mereka terlalu sedikit. Beberapa perusahaan bahkan mencoba masuk ke niche market yang lebih besar, bahkan mereka tidak berminat dengan niche market.
Memang benar, niche yang lebih populer akan lebih baik untuk program affiliate marketing. Tapi, itu tidak berarti menjamin Anda memiliki kesempatan yang sukses. Untuk itu, usahakan agar tetap sejalan dengan tujuan dan misi perusahaan Anda dan menemukan affiliate yang memahami relevansi kerja di sebuah pasar yang membuat Anda merasa nyaman.
3.) Anda Akan Sukses Jika Mempromosikan Link di Banyak Situs
Cara terbaik untuk menjalankan program affiliate marketing adalah dengan mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Ada banyak situs-situs kecil yang akan mempromosikan produk Anda. Tapi, kuncinya adalah menemukan sejumlah kecil mitra yang akan memberikan konversi. Misalnya, sebuah firma layanan manajemen saham telah memiliki 20 ribu affiliasi dalam sistem mereka. Tapi, hanya sekitar 25 afiliasi saja yang benar-benar menghasilkan 85 persen pendapatan mereka. Menurut studi yang dilakukan oleh Threeladdersmarketing.com, keberhasilan melakukan program affiliate didorong SEO dengan persentase sebesar 79% dan media sosial sekitar 60%.

Jenis Program Affiliate Marketing

Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan income dari program affiliate marketing. Untuk itu, berikut adalah kiat sukses bisnis online dengan mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis program affiliate marketing. Berikut adalah jenis program affiliate marketing yang banyak digunakan untuk meraup untung.
Affiliate Dalem
  • Pay Per Sale (PPS)
Merupakan jenis program affiliate marketing di mana Anda akan mendapatkan komisi jika terjadi konversi (penjualan) melalui link affiliasi Anda. Komisi bervariasi, tergantung kebijakan setiap advertiser yang menawarkan program affiliasi. Jenis ini pula lah yang terdapat dalam program affiliate Suplier.id. Karena, setiap konversi melalui link Anda, maka akan mendapatkan komisi dari Suplier.id
  •  Pay Per Lead (PPL)
Ini termasuk ke dalam jenis program di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap prospek atau leads yang bergabung melalui link affiliasi Anda sesuai kualifikasi yang ditentukan oleh merchant. Komisi pembayaran flat, atau yang umum diterimakan oleh situs luar negeri sebesar $ 0.10/lead. Contoh, merchant PPL seperti situs domain gratis luar neger, namun program terbaik biasanya berasal dari situs asuransi, properti, dan aplikasi pinjaman.
  •  Pay Per Click (PPC)
Merupakan jenis affiliate marketing di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog atau situs. Untuk harga per klik iklan ini bervariasi dan berbeda antara pengelola PP satu dengan lainnya. Kisarannya, mulai dari 300 rupiah per klik. Anda dapat menjumpai program affiliate marketing ini pada Google Adsense.
  •  Pay Per Review (PPR)
PPR merupakan salah satu program affiliate di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap review produk atau jasa yang telah Anda tulis di blog. Besar komisi biasanya dilihat menurut Page Rank Blog. Berkisar mulai 25 ribu rupiah per artikel atau blog untuk page rank 1. PPR yang populer dapat Anda temukan di reviewme.com dan sponsoredreview.com
  •  Recurring Affiliate program (AFR)
Jenis program affiliate marketing di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap rekrutmen member yang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Komisi biasanya dibayarkan secara berkala atau periode tetap. Misalnya, Anda dapat menjumpai AFR pada web hosting dan auto responder.

Bagaimana Memilih Program Affiliate Marketing yang Tepat?

  • Anda perlu memastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan produk yang Anda promosikan atau akan Anda jual, dan Anda memiliki keyakinan bahwa Anda mempromosikannya dengan tepat.
  • Periksa halaman situs web pengiklan. Jika pada halaman tersebut tidak ada produk yang Anda inginkan, atau mungkin tidak begitu meyakinkan, maka kemungkinannya pengunjung tidak akan tertarik untuk melakukan pembelian.
  • Jika website Anda juga menyediakan konten, maka pilihlah untuk menjual produk secara soft selling. Hal ini untuk menjaga pendapat positif pengunjung mengenai situs Anda.
  • Pilihlah program affiliate marketing yang menawarkan sesuatu hal yang relevan untuk situs Anda. Cari program affiliasi yang berhubungan dengan topik, misalnya seperti situs web hosting, webmaster tool dan software, situs web template, dan seterusnya.
  • Pastikan Anda juga memahami aturan dan perjanjian affiliasi dan pastikan Anda mematuhi hal tersebut. Luangkan juga waktu untuk memeriksa pengiklan sebelum bergabung untuk memastikan mereka benar-benar membayar untuk affiliasi dan bahwa program mereka bukanlah penipuan.
  • Coba cermati, apakah pengiklan yang menawarkan program affiliate mempunyai fitur pelacakan dan pelaporan untuk program affiliasi yang sudah Anda jalankan. Program affiliasi yang baik akan menyediakan Anda dengan cara mengakses statistic untuk melihat konversi, penjualan, dan komisi.

Ini Istilah Kunci untuk Memahami Affiliasi Marketing!

gambar akhirrr
Untuk memulai mencari program affiliasi yang baik, alangkah baiknya jika Anda memahami istilah kunci untuk dalam program affiliate marketing.
Advertiser
Advertiser atau pengiklan adalah pemilik situ website atau penjual yang membayar affiliasi untuk mengirimkan traffic ke situs mereka agar melakukan konversi.
Affiliate
Affiliate atau affiliasi ini merupakan pemilik situs webmaster yang memperoleh pendapatan berbasis komisi untuk mengarahkan ‘klik’ konversi di situs pengiklan.
Program affiliasi
Cara perusahaan (advertiser) untuk menjual produknya dengan mendaftarkan individu atau perusahaan affiliasinnya dan selanjutnya (affiliate) memasarkan produk-produk tersebut untuk mendapatkan sebuah komisi.
Anda memang dapat manjalankan program affiliate marketing untuk memulai bisnis pokok Anda. Tapi, kebanyakan mereka mengikuti affiliate marketing hanya untuk bisnis sampingan saja. Namun apapun tujuan Anda menjalankan bisnis ini, kesuksesan menjalankan bisnis affiliate marketing hanya dapat Anda raih jika Anda selalu konsisten dan bertekad kuat untuk selalu berusaha. Dan semua ini tentunya membutuhkan waktu yang tak singkat.

1 comment:

  1. QUANTUM BINARY SIGNALS

    Get professional trading signals sent to your cell phone every day.

    Follow our signals today and profit up to 270% a day.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.